img-20161206-wa0003

Setahun sudah berlalu. Enam desember merupakan hari yang sulit dilupakan bagi Rano Karno. Tepat satu tahun yang silam Istiarti Rawumali, ibu dari Calon Gubernur Banten Rano Karno berpulang ke haribaan Yang Maha Kuasa.

Untuk mengenangnya, Rano dan keluarga secara khusus menyambangi makam sang ibu untuk berziarah. Bagi Rano, Istiarti merupakan sosok yang tak tergantikan.

Rano masih dengan jelas mengingat saat-saat terakhir ibu yang dicintainya terbaring karena sakit yang menahun. Rano berdiri dan terpekur  di sisi sang ibu. Ia bersama sejumlah anggota keluarga lainnya bergantian mendesiskan kalimat tahlil ke telinga sang ibu.

“Mama adalah pahlawan hebat bagi kami semua. Almarhumah tak pernah berhenti menasihati saya untuk senantiasa bertindak baik pada siapa saja. Saya tahu persis bagaimana Mama selalu menyebut saya dan semua anaknya di dalam doa. Sampai sekarang pun saya sering merasa Mama masih berada di antara kami semua,” ujar Rano lirih.

Rano mengaku sang ibu adalah sumber inspirasi dan semangat yang tak ada habisnya. Ia sempat kehilangan tempat mengadu dan bersandar saat sang ibu menghadap pada Sang Pencipta.

Di masa hidupnya Istiarti acap memberi wejangan untuk anak-anaknya. Sebagai bentuk bakti, Rano berkeras menunaikan segala nasihat yang disampaikan sang Ibu. Rano juga tak pernah absen mencium tangan, memeluk, dan mencium tangan sang ibu tiap kali meninggalkan rumah.

img-20161206-wa0004Rano pun menasihati pada siapa saja yang masih memiliki Ibu untuk memberikan bakti terbaik untuknya. “Ibu itu adalah keramat hidup. Kesuksesan kita ada dalam doa seorang Ibu. Mintalah doa darinya. Ibu akan selalu mendoakan dengan tulus bagi kebaikan anak-anaknya. Dan apabila ibu kita telah tiada,  kirimkanlah doa terbaik kita untuknya. Untuk ibu yang telah mempersembahkan hidup untuk kebahagiaan anak-anaknya,” papar Rano mengakhiri percakapan.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>